KATA
PENGANTAR
Modul ini dirancang dengan maksud dan tujuan untuk
memandu peserta pendidikan dan pelatihan yang menggunakan Pelatihan Berbasis
Kompetensi sebagai pendekatan untuk mendapatkan keterampilan yang sesuai di
tempat kerja.
Pelatihan Berbasis Kompetensi memfokuskan pada
keterampilan seseorang yang harus dimiliki di tempat kerja. Fokusnya adalah
pada pencapaian keterampilan dan bukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk
mengikuti pelatihan.
Modul ini disusun berdasarkan pada standar
kompetensi yaitu pernyataan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diakui
secara nasional yang diperlukan untuk penanganan perbaikan di bidang otomotif.
Modul pelatihan ini digunakan agar dapat memudahkan
peserta diklat dalam menguasai kompetensi yang dipelajarinya. Kegiatan belajar
mengajar yang dilengkapi dengan modul diharapkan akan memotivasi peserta diklat
belajar secara dinamis dan mandiri menggunakan kriteria penilaian yang mengacu
terhadap standar kompetensi nasional dalam hal penggunaan dan pemeliharaan peralatan
dan perlengkapan tempat kerja yang terdapat pada Kurikulum SMK 2004.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar .......................................................................................................... i
Daftar Isi .................................................................................................................. ii
Glosarium .......................................................................................................... v
BAB I. Pendahuluan .................................................................................. 1
A. Deskripsi .................................................................................................
B. Prasyarat.........................................................................................
C. Petunjuk Penggunaan Modul .........................................................
1.
Penjelasan Bagi Siswa ............................................................
2.
Peran Guru Antara Lain .........................................................
D.Tujuan Akhir...................................................................................
E. Kompetensi.....................................................................................
F. Cek Kemampuan............................................................................
BAB II. Pembelajaran.....................................................................................
A. Rencana Belajar Siswa..................................................................
B. Kegiatan Belajar............................................................................
B.1 Kegiatan Belajar 1 “Keterampilan
Berkomunikasi Secara Tertulis dan Lisan”
B.1.1 Tujuan Kegiatan Pembelajaran.................................
B.1.2 Uraian Materi...........................................................
B.1.3 Rangkuman .............................................................
B.1.4 Tugas.......................................................................
B.1.5 Tes Formatif.............................................................
B.1.6 Lembar Kerja...........................................................
B.2 Kegiatan Belajar 2 “Penggunaan Pemeliharaan
Data Tempat Kerja”
B.2.1 Tujuan Kegiatan Pembelajaran 2..............................
B.2.2 Uraian Materi 2........................................................
B.2.3 Rangkuman 2
B.2.4 Tugas 2....................................................................
B.2.5 Tes Formatif 2..........................................................
B.2.6 Lembar Kerja 2........................................................
B.3 Kegiatan Belajar 3 “Mempertahankan
Prestasi di Tempat Kerja”
B.3.1 Tujuan Kegiatan Pembelajaran 3..............................
B.3.2 Uraian Materi 3........................................................
B.3.3 Rangkuman 3..........................................................
B.3.4 Tugas 3....................................................................
B.3.5 Tes Formatif 3..........................................................
B.3.6 Lembar Kerja 3........................................................
BAB III. Evaluasi............................................................................................
1.
Kognitif Skill....................................................................................
2.
Psikomotor Skill...............................................................................
3.
Attitude Skill....................................................................................
4. Produk/Benda Kerja Sesuai Kriteria
Standar....................................
5. Batasan Waktu Yang Telah Ditetapkan............................................
6. Kunci Jawaban................................................................................
BAB IV. Penutup............................................................................................
Daftar Pustaka.................................................................................................
GLOSARIUM
Ø Acuan
penilaian :
Pernyataan kondisi dan konteks sebagai
acuan dalam melaksanakan penilaian
Ø Assessor :
Sesorang yang berhak menguji yang karena
kompetensinya telah memiliki sertifikat penguji yang dikeluarkan oleh Asosiasi
Profesi atau Lembaga Diklat.
Ø Deskripsi :
Penjelasan singkat tentang nama dan
ruang lingkup isi modul
Ø Glosarium :
Adalah kata-kata atau istilah sulit dan
asing yang terdapat dalam modul berikut artinya dan di susun menurut abjad.
Ø Kontribusi
komunikasi di tempat kerja :
1.
Dengan
mengetahui cara berkomunikasi yang baik, maka akan mempengaruhi kekuatan
hubungan antara pramuniaga dan pelanggan. Oleh karena itu kita harus berpikiran
positif pada waktu melayani pelanggan meski kita ada pada kondisi yang kurang
menyenangkan. Hilangkan pikiran-pikiran negatif, kecurigaan, apriori, dan
bahkan mencari kelemahan pelanggan yang
dipegang sehingga akan mempengaruhi berkurangnya pelanggan.
2.
Komunikasi melalui
telepon akan mempercepat komunikasi yang diinginkan oleh suatu perusahaan.
Ø Kompetensi :
Kemampuan seseorang di dalam
berkomunikasi di suatu perusahaan sangat berpengaruh kepada penghasilan
perusahaan itu sendiri.
Ø Kriteria unjuk
kerja :
1.
Mengetahui dan
dapat mempraktekkan komunikasi dengan baik
2.
Dapat
melaksanakan komunikasi di tempat kerja
Ø Standar
kompetensi :
Kesepakatan tentang kompetensi yang diperlukan
pada suatu bidang pekerjaan oleh seluruh
stake holder di bidangnya, atau perumusan tentang
kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan
tugas atau pekerjaan yang didasari atas pengetahuan keterampilan dan sikap
kerja sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyaratkan.
Ø
Modul :
Merupakan rangkaian yang terdiri atas informasi, kegiatan dan penilaian
tentang suatu unit kompetensi.
Ø Sub-kompetensi :
Sejumlah fungsi tugas atau pekerjaan
yang mendukung ketercapaian unit kompetensi dan merupakan aktivitas yang dapat
diamati
Ø Uji kompetensi
:
Suatu proses penilaian terhadap
kemampuan seseorang yang dapat diobservasi yang mencakup atas pengetahuan,
keterampilan dan sikap dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas sesuai
dengan standar kinerja yang ditetapkan.
Ø Unit
kompetensi :
Uraian fungsi dan tugas atau pekerjaan
yang mendukung tercapainya standar Kompetensi.
Ø Peserta diklat :
Seseorang
yang sedang memperoleh perlakuan pembelajaran baik secara kelompok maupun
individual.
Ø Portofolio
Dokumen
sebagai bukti fisik yang memuat nilai-nilai setiap kegiatan pencapaian
kompetensi.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Deskripsi
Modul ini disiapkan sebagai pemandu pelatihan sekaligus
merupakan bahan informasi dalam pembelajaran. Di dalamnya selain informasi
mengenai pengetahuan dasar, juga memuat beberapa lembaran tugas dan beberapa
lembar tes untuk mengukur apakah proses pendidikan dan pelatihan telah dapat
mengubah sikap/perilaku peserta diklat menjadi seseorang yang memiliki
kompetensi sesuai standar. Pembelajaran dengan modul ini dapat dilakukan secara
klasikal dengan atau tanpa instruktur, bahkan
individual karena menggunakan pendekatan Pelatihan Berbasis Kompetensi
yang mengacu pada kurikulum 2004
Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competency Based Training) yang disingkat dengan CBT adalah merupakan salah satu
strategi pembelajaran yang dikemas melalui proses pelatihan berpendekatan Konsep Belajar Tuntas (mastery learning).
Dengan konsep mastery
learning peserta pendidikan dan
latihan (peserta diklat) diarahkan untuk memiliki keterampilan tertentu secara
tuntas dan tidak diperkenankan melangkah pada pembelajaran berikutnya sebelum
pembelajaran tahap pertama menjadi bentuk kompetensi yang dikuasai oleh peserta
diklat, oleh karenanya lama waktu (durasi) dari proses pelatihan menjadi faktor
bergantung (variabel dependen) dimana variabel independennya adalah tercapainya
standar kompetensi, dengan kata lain yang menjadi prioritas utama adalah
pencapaian keterampilan yang memenuhi standar kompetensi, bukan pada berapa
lama waktu (durasi) yang dihabiskan untuk mengikuti pelatihan tersebut.
Standar
kompetensi adalah pernyataan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diakui
secara nasional yang diperlukan untuk penanganan perbaikan dibidang otomotif.
Modul
pelatihan ini digunakan sebagai kriteria penilaian terhadap Standar Kompetensi
Nasional tentang Penggunaan dan Pemeliharaan Peralatan dan Perlengkapan Tempat
Kerja.
Ø Konteks penilaian
Penilaian dari Modul Unit Kompetensi ini dapat dilaksanakan oleh lembaga
Diklat/SMK, Asosiasi atau Dunia Usaha/Dunia Industri yang relevan dan
penilaiannya harus meliputi kemampuarn
kerja/Unjuk Kerja yang sesuai dengan Tuntutan Unit kompetensi berdasarkan acuan
patokan dan metoda penilaian.
Ø Aspek penting penilaian
Fokus dan kriteria penilaian Modul Unit Kompetensi ini tergantung pada
kebutuhan industri yang terkait dan mencakup program diklat, meliputi :
ü
Adanya keterkaitan antara teori dan
praktek
ü
Pelatihan ditekankan kepada prosedur
dan teknik yang sesuai dengan SOP
ü
Metoda penilaian harus terdiri dari
proses dan hasil
ü Aplikasi harus berkaitan
dengan kegiatan pekerjaan di industri
Ø Keterkaitan dengan unit kompetensi yang lain
Unit Kompetensi
ini merupakan dasar yang membekali pengetahuan dan keterampilan tentang
penggunaan dan pemeliharaan peralatan dan perlengkapan tempat kerja. Unit ini
juga direkomendasikan untuk dilatihkan
dan dinilai dalam hubungannya dengan unit kompetensi yang lainnya.
B. Prasyarat
Sebelum
mempelajari modul ini peserta pelatihan harus sudah mempelajari dan menguasai
modul terdahulu yaitu modul D “Mengikuti Prosedur Kesehatan dan Keselamatan
Kerja”.
C. Petunjuk penggunaan modul
1.
Panduan untuk peserta pelatihan
ØStrategi pembelajaran
·
Belajar Individual dan Bebas
Cara ini membebaskan peserta diklat untuk memilih
kebebasan tempat dan waktu, namun disarankan pada kesempatan yang dimiliki
untuk tetap menghubungi guru/pembimbing guna mengkonfirmasikan kemajuan dan
mengatasi kesulitan belajar.
·
Belajar Berkelompok
Pada tempat dan waktu yang telah disepakati bersama
melaksanakan pembelajaran dengan pencapaian target sesuai kecepatan belajar
masing-masing. Alangkah baiknya diikutsertakan pula unsur guru/pembimbing atau
pakar/ahli dalam bidang kompetensi dari tempat kerja.
·
Belajar Terstruktur
Mengikuti
pertemuan kelas secara formal yang dilaksanakan oleh guru/pembimbing atau ahli
lainnya. Pada kegiatan terstruktur umumnya mencakup topik-topik tertentu.
Ø Cara menggunakan modul
a)
Sebelum mempelajari modul ini bacalah
tujuan kemudian pahami dan hayati tujuan akhir yang harus dicapai pada modul
ini.
b)
Bacalah halaman demi halaman dengan seksama sehingga anda benar-benar mengerti.
c)
Janganlah
membuka halaman baru jika halaman sebelumnya tidak/belum dikuasai/dimengerti.
d)
Materi
pelajaran teori pada modul ini dapat dipelajari di luar tatap muka baik secara mandiri atau secara kelompok
dengan atau tanpa pembimbing. Namun demikian tetap disarankan untuk
mendiskusikan dengan teman atau tanyakan langsung kepada instruktur/guru
praktek untuk membahas hal-hal yang belum jelas.
e)
Pada saat anda
mempelajari sasaran sasaran kompetensi yang lebih spesifik dari modul ini,
untuk meyakinkan bahwa anda telah melakukan proses pembelajaran
kerjakanlah/isilah lembar kegiatan peserta diklat (LKP) yang disediakan sampai
100% terisi dan benar.
f)
Setelah itu
ujilah kemampuan daya nalar, sikap dan keterampilan anda dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada pada lembar Post Test dan lakukan berulang kali
hingga anda menjawab 80 -100% benar
g)
Serahkan hasil
pekerjaan/LKP kepada instruktur/guru praktek untuk diperiksa dan dinilai yang
kemudian dimasukkan pada lembar transkrip sebagai portofolio anda.
h)
Setelah anda
melaksanakan tes dengan hasil minimal 80% anda dipersilahkan untuk mengikuti
latihan praktek ditempat kerja (work shop).
i)
Sediakan
seperangkat peralatan dan perlengkapan tempat kerja anda yang sesuai dengan
uraian materi pada modul ini
j)
Lakukan
identifikasi terhadap semua nama alat dan ukuran beserta kegunaan dan lakukan
latihan cara menggunakannya.
k)
Modul ini
merupakan modul yang menjadi prasyarat bagi modul-modul lainnya terutama
menyangkut kompetensi perbaikan (bongkar pasang/ overhaul).
l)
Anda tidak
diperkenankan untuk melakukan pekerjaan perbaikan, overhaul ataupun pemeriksaan
dan pengujian terhadap hasil kerja anda jika pengetahuan dan kompetensi
penggunaan alat-alat tangan dalam modul ini belum dikuasai.
2. Guru/Pembimbing
Bagi para peserta diklat, guru dalam proses pembelajaran berperan sebagai
fasilitator dan pembimbing yang akan mengarahkan proses pelatihan jika
diperlukan.
Secara rinci bahwa peran guru dalam hal ini adalah :
a) Membantu siswa/peserta diklat dalam
merencanakan proses belajar.
b) Membimbing siswa melalui tugas-tugas
pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
c) Membantu siswa dalam memahami konsep
dan praktek baru dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa.
d) Membantu siswa untuk menentukan clan
mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
e) Mengorganisasikan kegiatan belajar
kelompok jika diperlukan.
f)
Merencanakan
seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.
g) Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan
perangkatnya.
h)
Melaksanakan
penilaian
i) Menjelaskan kepada siswa tentang
sikap pengetahuan dan keterampilan dari suatu kompetensi, yang perlu untuk
dibenahi dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya.
j) Mencatat pencapaian kemajuan siswa
sebagai portofolio peserta diklat.
D.
Tujuan akhir
Setelah melalui
proses pelatihan dengan modul ini, para peserta diharapkan dapat
mengidentifikasi setiap komponen peralatan dan perlengkapan tempat kerja,
terampil memilih dan menggunakan peralatan dan perlengkapan tempat kerja yang
sesuai secara proporsional, mampu memelihara, mendiagnosa, mengidentifikasi
mengatasi serta memperbaiki setiap gangguan dan kerusakan yang terjadi pada
peralatan tempat kerja. Modul ini terdiri dari 3 hasil belajar yaitu
tercapainya penguasaan kompetensi berkaitan dengan:
a)
Dapat
memahami bagaimana cara berkomunikasi dengan baik
b)
Dapat memahami beberapa prosedur dari
beberapa media komunikasi yang di pergunakan
c)
Dapat memilih media komunikasi yang
tepat sesuai dengan tempat kerja
d)
Dapat menangani berbagai macam pekerjaan
surat dan dokumen
e)
Dapat menyimpan dan menemukan kembali
dokumen atau arsip
f)
Dapat mengirim dokumen dengan
menggunakan fax
g)
Dapat melayani dan menerima tamu dengan
baik
h)
Dapat membuat laporan dengan baik dan
dapat dipertanggung jawabkan selama bekerja
|
BIDANG KEAHLIAN : Teknik Mesin
PROGRAM KEAHLIAN :
Teknik Bodi Otomotif
KOMPETENSI :
Kontribusi Komunikasi Di Tempat Kerja
KODE :
OPKR-10-018B
JAM PEMBELAJARAN :
80 JP
ELEMEN UNIT KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
|
LINGKUP BELAJAR
|
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
|
||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
|||
10-018B/01
Memelihara, memahami dan menyampaikan informasi tempat
kerja
|
1.
Informasi di akses dari
sumber yang terpercaya untuk memastikan keterampilan komunikasi yang efektif
ketika mengirim dan menerima
informasi.
2.
Bantuan dibuat untuk
rekan-rekan di tempat kerja jika diperlukan, untuk menjalin pengertian yang
sama
3.
Permintaan dari rekan kerja
dipenuhi dengan rela dan senang hati.
4.
Tujuan dan sasaran tempat
kerja diidentifikasikan dan dipenuhi
|
§
Keterampilan berkomunikasi
secara tertulis dan lisan
§
Penggunaan dan pemeliharaan
data tempat kerja
§
Live skill tentang kemandirian dan tanggung jawab
|
·
Melaksanakan tugas rutin
dengan prosedur yang ditetapkan dimana kemajuan keterampilan seseorang di
awasi secara berkala oleh pengawas.
·
Melaksanakan tugas yang lebih
luas dan sulit dengan pening-katan kemandirian dan tanggung jawab individu.
Hasil pekerjaan diperiksa oleh pengawas.
·
Melaksanakan kegiatan yang
kompleks dan tidak rutin; menjadi mandiri dan bertanggung jawab untuk
pekerjaan yang lainnya.
|
·
Prosedur komunikasi.
·
Penggunaan dan pemeliharaan
data tempat kerja.
·
Keterampilan berkomunikasi
secara tertulis dan lisan.
|
·
Mengumpulkan, menganalisa dan
mengorganisasikan informasi.
·
Mengkomunikasikan gagasan dan
informasi.
·
Merencanakan dan
mengorganisir kegiatan.
·
Bekerja dengan orang lain dan
di dalam kelompok.
|
10-018B/02
Mempertahankan prestasi
tempat kerja
|
1.
Data-data disimpan dan
dipelihara sesuai prosedur tempat kerja perusahaan dan peraturan pemerintah
|
F. Cek kemampuan
Sebelum Anda mempelajari modul ini,
ujilah terlebih dulu kemampuan daya nalar anda semaksimal yang anda miliki
dengan menjawab pertanyaan-pertanyyan yang ada. Kerjakanlah atau isilah pada
lembar cek kemampuan (placement test/pre test). Soal ini memerlukan
jawaban berkaitan dengan sasaran kompetensi yang ingin dicapai dalam modul ini.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
no
|
Pertanyaan
|
Jawab
|
1
|
Bagaimana memahami cara
berkomunikasi yang baik ?
|
|
2
|
Bagaimana
prosedur dan penggunaan media komunikasi agar mencapai tujuan yang diinginkan
?
|
|
3
|
Bagaimanakah cara memilih media komunikasi yang tepat
sesuai dengan tempat kerja ?
|
|
4
|
Bagaimana cara menangani berbagai macam pekerjaan surat
dan dokumen ?
|
|
5
|
Bagaimana cara menyimpan dan menemukan kembali dokumen
atau arsip ?
|
|
6
|
Bagaimana cara mengirim dokumen dengan menggunakan fax
?
|
|
7
|
Bagaimana cara melayani dan menerima tamu dengan baik
agar pelanggan bertambah ?
|
|
8
|
Bagaimana cara membuat laporan dengan baik sebagai
bahan untuk dipertanggungjawabkan selama bekerja ?
|
Jika sudah, laporkan kepada
pelatih bahwa peserta pelatihan mampu mendemonstrasikan keterampilan tersebut
sesuai standar. Laporkan kepada pelatih jika diperlukan bantuan
seseorang, peralatan khusus atau hal lain yang dapat membantu dalam
mendemonstrasikan keterampilan tersebut.
Kemudian kerjakanlah soal yang ada baik yang berupa
pembubuhan check list atau daftar isian.
Kerjakanlah/isilah pada lembar cek kemampuan (placement test/pre test)
peserta diklat yang disediakan sampai 100% terisi dan benar. Soal ini
memerlukan jawaban berkaitan dengan sasaran sasaran kompetensi yang lebih
spesifik dari modul ini.
Untuk meyakinkan bahwa anda telah melakukan cek kemampuan
di awal proses pembelajaran, serahkan
hasil pekerjaan kepada instruktur/guru praktek untuk diperiksa. Setelah anda
melaksanakan test dengan hasil 100% benar anda diperbolehkan untuk
mengajukan uji kompetensi kepada assessor
internal dan eksternal.
LEMBAR
PRE-TEST
Tahap
Belajar I : Proses komunikasi yang baik di tempat kerja
Selesaikanlah seluruh item pada format di bawah ini dengan memperhatikan
hal – hal berikut ini :
q Baca dan pahami setiap tugas yang disajikan dalam placement
test ini.
q Simaklah setiap detil materi dan gambar yang disajikan
dalam placement test ini untuk mengukur dan bubuhkan check list
pada kolom yang disediakan.
q Buatlah catatan – catatan kecil pada kolom yang
disediakan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam kaitannya dengan
berkomunikasi di tempat kerja.
q Apabila telah menyelesaikan seluruh placement test,
serahkan kepada pembimbing/guru praktek/instruktur untuk dinilai, dalam rangka
memberikan catatan tentang kemajuan belajar yang sudah dilakukan.
Tes Formatif 1
Pertanyaan:
1.
Apa yang
dimaksud komunikasi? Sebutkan tujuan komunikasi!
2.
Gambarkan
proses komunikasi dalam bentuk bagan!
3.
Jelaskan 5
proses komunikasi secara berurutan!
4.
Jelaskan
hambatan dalam berkomunikasi dan cara mengatasinya!
5.
Gambarkan
bagan proses komunikasi yang baik!
6.
Bagaimana cara
memilih media komunikasi yang akan digunakan di tempat kerja ?
7.
Sebutkan
jenis-jenis media komunikasi ?
Tes Lembaran Kerja 1
Langkah Kerja
1.
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok beranggotakan 7 sampai 10 orang
siswa.
2.
Setiap siswa
mendengarkan percakapan telepon melalui rekaman yang sudah disiapkan.
3.
Dengan menggunakan
daftar cek, setiap kelompok menilai hasil rekaman percakapan telepon dan
menyampaikan hasilnya dalan forum kelas.
4.
Guru
mencocokkan hasil penilaian siswa dengan pendapat guru yang sudah
disiapkan.
Analisis Kemampuan :
Untuk penilaian
unjuk kerja, peserta diklat dapat menampilkan kemampuan sesuai dengan tugas
yang diberikan dan dapat menyelesaikannya dengan baik.
Selalu
berkonsultasi dengan guru atau pembimbing untuk melaksanakan suatu tugas dan
revisi terhadap teori-teori yang sudah dipelajari.
Tahap
Belajar 2 : “Penggunaan dan Pemeliharaan Data Tempat Kerja”
Selesaikanlah
seluruh item pada format di bawah ini dengan memperhatikan hal – hal berikut
ini :
q Baca dan pahami setiap tugas yang disajikan dalam placement
test ini.
q Simaklah setiap detil materi dan gambar yang disajikan
dalam placement test ini untuk mengukur dan bubuhkan check list
pada kolom yang disediakan.
q Buatlah catatan – catatan kecil pada kolom yang
disediakan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam kaitannya dengan
berkomunikasi di tempat kerja.
q Apabila telah menyelesaikan seluruh placement tes,
serahkan kepada pembimbing/guru praktek/instruktur untuk dinilai, dalam rangka
memberikan catatan tentang kemajuan belajar yang sudah dilakukan.
Tes Formatif 2
Pertanyaan:
1.
Apakah yang dimaksud dengan surat ?
2.
Syarat-syarat apa yang harus diperhatikan dalam penulisan
surat ?
3.
Apakah fungsi surat ?
4.
Jelaskanlah bagaimana terjadinya skema kegiatan
perdagangan melalui surat menyurat ?
5.
Apakah arti, manfaat, dan fungsi arsip ?
6.
Bagaimana cara menyimpan dan menemukan kembali dokumen
atau arsip ?
Tes Lembaran Kerja 2
Langkah Kerja
1.
Guru menyiapkan perangkat komunikasi berupa faximile.
2.
Setiap dua orang siswa mendemonstrasikan cara pengiriman
surat atau dokumen melalui faximile.
3.
Siswa yang lain mengamati langkah-langkah atau prosedur
pemakaian faximile.
Analisis Kemampuan:
Untuk penilaian
unjuk kerja, peserta diklat dapat menampilkan kemampuan sesuai dengan tugas
yang diberikan dan dapat menyelesaikannya dengan baik.
Selalu
berkonsultasi dengan guru atau pembimbing untuk melaksanakan suatu tugas dan
revisi terhadap teori-teori yang sudah dipelajari.
Tahap Belajar 3 : “Mempertahankan Prestasi Di Tempat
Kerja”
Selesaikanlah seluruh item pada format di bawah
ini dengan memperhatikan hal – hal berikut ini :
q Baca dan pahami setiap tugas yang disajikan dalam placement
test ini.
q Simaklah setiap detil materi dan gambar yang disajikan
dalam placement test ini untuk mengukur dan bubuhkan check list
pada kolom yang disediakan.
q Buatlah catatan – catatan kecil pada kolom yang
disediakan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam kaitannya dengan
berkomunikasi di tempat kerja.
Apabila telah menyelesaikan seluruh placement
test, serahkan kepada pembimbing/guru praktek/instruktur untuk dinilai,
dalam rangka memberikan catatan tentang kemajuan belajar yang sudah dilakukan.
Test Formatif 3
Pertanyaan:
1.
Bagaimana cara melayani tamu dengan baik?
2.
Jelaskan etika cara melayani tamu dengan baik!
3.
Dalam melayani atau menangani tamu terdapat beberapa
kesalahan yang harus dihindari. Sebutkan kesalahan-kesalahan tersebut!
4.
Jelaskan pengertian laporan dan fungsi laporan?
5.
Syarat-syarat apa yang diperlukan bagi penulis laporan?
Tes Lembaran Kerja 3
Langkah Kerja
- Bentuk kelompok yang
masing-masing beranggotakan lima orang.
- Lakukan pengamatan terhadap
sikap/perilaku pelanggan dan sikap/perilaku pramuniaga pada sebuah
bengkel.
- Buatlah catatan dalam bentuk
daftar yang menunjukkan sikap/prilaku pengunjung bengkel dan sikap/prilaku
peramuniaga.
- Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil pengamatan.
- Wakil masing-masing kelompok
menyusun hasil akhir pengamatan dalam bentuk ketikan.
Nama bengkel :
Hari/tgl.
Pengamatan :
|
|
Daftar sikap dan
prilaku pengunjung bengkel
|
Daftar sikap dan
prilaku peramuniaga
|
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.
|
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.
|
Ketua tim :
Sekretaris tim :
Anggota :
|
0 komentar:
Posting Komentar