Home » » Modul Otomotif

Modul Otomotif

Written By Taliz on Rabu, 14 Juni 2017 | Rabu, Juni 14, 2017




KATA PENGANTAR
Modul ini dirancang dengan maksud dan tujuan untuk memandu peserta pendidikan dan pelatihan yang menggunakan Pelatihan Berbasis Kompetensi sebagai pendekatan untuk mendapatkan keterampilan yang sesuai di tempat kerja.
Pelatihan Berbasis Kompetensi memfokuskan pada keterampilan seseorang yang harus dimiliki di tempat kerja. Fokusnya adalah pada pencapaian keterampilan dan bukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan. 
Modul ini disusun berdasarkan pada standar kompetensi yaitu pernyataan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diakui secara nasional yang diperlukan untuk penanganan perbaikan di bidang otomotif.
Modul pelatihan ini digunakan agar dapat memudahkan peserta diklat dalam menguasai kompetensi yang dipelajarinya. Kegiatan belajar mengajar yang dilengkapi dengan modul diharapkan akan memotivasi peserta diklat belajar secara dinamis dan mandiri menggunakan kriteria penilaian yang mengacu terhadap standar kompetensi nasional dalam hal penggunaan dan pemeliharaan peralatan dan perlengkapan tempat kerja yang terdapat pada Kurikulum SMK 2004.




DAFTAR ISI

                                                                                                                                                                         
Kata Pengantar .......................................................................................................... i        
Daftar Isi .................................................................................................................. ii        
Glosarium ..........................................................................................................       v
BAB I. Pendahuluan ..................................................................................               1
A. Deskripsi .................................................................................................
B. Prasyarat.........................................................................................
C. Petunjuk Penggunaan Modul .........................................................
1.         Penjelasan Bagi Siswa ............................................................
2.         Peran Guru Antara Lain .........................................................
D.Tujuan Akhir...................................................................................
E. Kompetensi.....................................................................................
F. Cek Kemampuan............................................................................
BAB II. Pembelajaran.....................................................................................
A.     Rencana Belajar Siswa..................................................................
B.     Kegiatan Belajar............................................................................
B.1       Kegiatan Belajar 1 “Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis dan Lisan”      
B.1.1       Tujuan Kegiatan Pembelajaran.................................
B.1.2       Uraian Materi...........................................................
B.1.3       Rangkuman .............................................................         
B.1.4       Tugas.......................................................................
B.1.5       Tes Formatif.............................................................
B.1.6       Lembar Kerja...........................................................
B.2       Kegiatan Belajar 2 “Penggunaan Pemeliharaan Data Tempat Kerja”         
B.2.1       Tujuan Kegiatan Pembelajaran 2..............................
B.2.2       Uraian Materi 2........................................................
B.2.3       Rangkuman 2
B.2.4       Tugas 2....................................................................
B.2.5       Tes Formatif 2..........................................................
B.2.6       Lembar Kerja 2........................................................
B.3       Kegiatan Belajar 3 “Mempertahankan Prestasi di Tempat Kerja”  
B.3.1       Tujuan Kegiatan Pembelajaran 3..............................
B.3.2       Uraian Materi 3........................................................
B.3.3       Rangkuman  3..........................................................
B.3.4       Tugas 3....................................................................
B.3.5       Tes Formatif 3..........................................................
B.3.6       Lembar Kerja 3........................................................

BAB III. Evaluasi............................................................................................
1.      Kognitif Skill....................................................................................         
2.      Psikomotor Skill...............................................................................
3.      Attitude Skill....................................................................................
4.      Produk/Benda Kerja Sesuai Kriteria Standar....................................
5.      Batasan Waktu Yang Telah Ditetapkan............................................
6.      Kunci Jawaban................................................................................
BAB IV. Penutup............................................................................................
Daftar Pustaka.................................................................................................




GLOSARIUM


Ø  Acuan penilaian :
Pernyataan kondisi dan konteks sebagai acuan dalam melaksanakan penilaian
Ø  Assessor :
Sesorang yang berhak menguji yang karena kompetensinya telah memiliki sertifikat penguji yang dikeluarkan oleh Asosiasi Profesi atau Lembaga Diklat.
Ø  Deskripsi :
Penjelasan singkat tentang nama dan ruang lingkup isi modul
Ø  Glosarium :
Adalah kata-kata atau istilah sulit dan asing yang terdapat dalam modul berikut artinya dan di susun menurut abjad.
Ø  Kontribusi komunikasi di tempat kerja  :
1.        Dengan mengetahui cara berkomunikasi yang baik, maka akan mempengaruhi kekuatan hubungan antara pramuniaga dan pelanggan. Oleh karena itu kita harus berpikiran positif pada waktu melayani pelanggan meski kita ada pada kondisi yang kurang menyenangkan. Hilangkan pikiran-pikiran negatif, kecurigaan, apriori, dan bahkan mencari kelemahan pelanggan  yang dipegang sehingga akan mempengaruhi berkurangnya pelanggan.
2.        Komunikasi melalui telepon akan mempercepat komunikasi yang diinginkan oleh suatu perusahaan.
Ø  Kompetensi :
Kemampuan seseorang di dalam berkomunikasi di suatu perusahaan sangat berpengaruh kepada penghasilan perusahaan itu sendiri.
Ø  Kriteria unjuk kerja :
1.    Mengetahui dan dapat mempraktekkan komunikasi dengan baik
2.    Dapat melaksanakan komunikasi di tempat kerja
Ø  Standar kompetensi :
Kesepakatan tentang kompetensi yang diperlukan pada suatu bidang  pekerjaan oleh seluruh stake holder di bidangnya, atau perumusan tentang

kemampuan  yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang didasari atas pengetahuan keterampilan dan sikap kerja sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyaratkan.
Ø  Modul  :
Merupakan rangkaian yang terdiri atas informasi, kegiatan dan penilaian tentang suatu unit kompetensi.
Ø  Sub-kompetensi :
Sejumlah fungsi tugas atau pekerjaan yang mendukung ketercapaian unit kompetensi dan merupakan aktivitas yang dapat diamati
Ø  Uji kompetensi :
Suatu proses penilaian terhadap kemampuan seseorang yang dapat diobservasi yang mencakup atas pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas sesuai dengan standar kinerja yang ditetapkan.
Ø  Unit kompetensi :
Uraian fungsi dan tugas atau pekerjaan yang mendukung tercapainya standar Kompetensi.
Ø  Peserta diklat :
Seseorang yang sedang memperoleh perlakuan pembelajaran baik secara kelompok maupun individual.
Ø  Portofolio
Dokumen sebagai bukti fisik yang memuat nilai-nilai setiap kegiatan pencapaian kompetensi.       


BAB I

PENDAHULUAN

A. Deskripsi

Modul ini disiapkan sebagai pemandu pelatihan sekaligus merupakan bahan informasi dalam pembelajaran. Di dalamnya selain informasi mengenai pengetahuan dasar, juga memuat beberapa lembaran tugas dan beberapa lembar tes untuk mengukur apakah proses pendidikan dan pelatihan telah dapat mengubah sikap/perilaku peserta diklat menjadi seseorang yang memiliki kompetensi sesuai standar. Pembelajaran dengan modul ini dapat dilakukan secara klasikal dengan atau tanpa instruktur, bahkan  individual karena menggunakan pendekatan Pelatihan Berbasis Kompetensi yang mengacu pada kurikulum 2004
Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competency Based Training) yang disingkat dengan CBT adalah merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dikemas melalui proses pelatihan berpendekatan Konsep Belajar Tuntas (mastery learning).
Dengan konsep mastery learning  peserta pendidikan dan latihan (peserta diklat) diarahkan untuk memiliki keterampilan tertentu secara tuntas dan tidak diperkenankan melangkah pada pembelajaran berikutnya sebelum pembelajaran tahap pertama menjadi bentuk kompetensi yang dikuasai oleh peserta diklat, oleh karenanya lama waktu (durasi) dari proses pelatihan menjadi faktor bergantung (variabel dependen) dimana variabel independennya adalah tercapainya standar kompetensi, dengan kata lain yang menjadi prioritas utama adalah pencapaian keterampilan yang memenuhi standar kompetensi, bukan pada berapa lama waktu (durasi) yang dihabiskan untuk mengikuti pelatihan tersebut.
Standar kompetensi adalah pernyataan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diakui secara nasional yang diperlukan untuk penanganan perbaikan dibidang otomotif.

Modul pelatihan ini digunakan sebagai kriteria penilaian terhadap Standar Kompetensi Nasional tentang Penggunaan dan Pemeliharaan Peralatan dan Perlengkapan Tempat Kerja.
Ø  Konteks penilaian
Penilaian dari Modul Unit Kompetensi ini dapat dilaksanakan oleh lembaga Diklat/SMK, Asosiasi atau Dunia Usaha/Dunia Industri yang relevan dan penilaiannya harus  meliputi kemampuarn kerja/Unjuk Kerja yang sesuai dengan Tuntutan Unit kompetensi berdasarkan acuan patokan dan metoda penilaian.
Ø  Aspek penting penilaian
Fokus dan kriteria penilaian Modul Unit Kompetensi ini tergantung pada kebutuhan industri yang terkait dan mencakup program diklat, meliputi :
ü  Adanya keterkaitan antara teori dan praktek
ü  Pelatihan ditekankan kepada prosedur dan teknik yang sesuai dengan SOP
ü  Metoda penilaian harus terdiri dari proses dan hasil
ü  Aplikasi harus berkaitan dengan kegiatan pekerjaan di industri

Ø  Keterkaitan dengan unit kompetensi yang lain
Unit Kompetensi ini mer­upakan dasar yang membekali pengetahuan dan keterampilan tentang penggunaan dan pemeliharaan peralatan dan perlengkapan tempat kerja. Unit ini juga  direkomendasikan untuk dilatihkan dan dinilai dalam hubungannya dengan unit kompetensi yang lainnya.

B. Prasyarat
Sebelum mempelajari modul ini peserta pelatihan harus sudah mempelajari dan menguasai modul terdahulu yaitu modul D “Mengikuti Prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja”.

C. Petunjuk penggunaan modul
1.      Panduan untuk peserta pelatihan
ØStrategi  pembelajaran
·      Belajar Individual dan Bebas
Cara ini membebaskan peserta diklat untuk memilih kebebasan tempat dan waktu, namun disarankan pada kesempatan yang dimiliki untuk tetap menghubungi guru/pembimbing guna mengkonfirmasikan kemajuan dan mengatasi kesulitan belajar.
·         Belajar Berkelompok
Pada tempat dan waktu yang telah disepakati bersama melaksanakan pembelajaran dengan pencapaian target sesuai kecepatan belajar masing-masing. Alangkah baiknya diikutsertakan pula unsur guru/pembimbing atau pakar/ahli dalam bidang kompetensi dari tempat kerja.
·         Belajar Terstruktur
Mengikuti pertemuan kelas secara formal yang dilaksanakan oleh guru/pembimbing atau ahli lainnya. Pada kegiatan terstruktur umumnya mencakup topik-topik tertentu.
Ø Cara menggunakan modul
a)      Sebelum mempelajari modul ini bacalah tujuan kemudian pahami dan hayati tujuan akhir yang harus dicapai pada modul ini.
b)      Bacalah halaman demi halaman dengan seksama sehingga anda benar-benar mengerti.
c)      Janganlah membuka halaman baru jika halaman sebelumnya tidak/belum dikuasai/dimengerti.
d)      Materi pelajaran teori pada modul ini dapat dipelajari di luar tatap muka  baik secara mandiri atau secara kelompok dengan atau tanpa pembimbing. Namun demikian tetap disarankan untuk mendiskusikan dengan teman atau tanyakan langsung kepada instruktur/guru praktek untuk membahas hal-hal yang belum jelas.
e)      Pada saat anda mempelajari sasaran sasaran kompetensi yang lebih spesifik dari modul ini, untuk meyakinkan bahwa anda telah melakukan proses pembelajaran kerjakanlah/isilah lembar kegiatan peserta diklat (LKP) yang disediakan sampai 100% terisi dan benar.
f)       Setelah itu ujilah kemampuan daya nalar, sikap dan keterampilan anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada lembar Post Test dan lakukan berulang kali hingga anda menjawab 80 -100% benar
g)      Serahkan hasil pekerjaan/LKP kepada instruktur/guru praktek untuk diperiksa dan dinilai yang kemudian dimasukkan pada lembar transkrip sebagai portofolio anda.    
h)      Setelah anda melaksanakan tes dengan hasil minimal 80% anda dipersilahkan untuk mengikuti latihan praktek ditempat kerja (work shop).
i)        Sediakan seperangkat peralatan dan perlengkapan tempat kerja anda yang sesuai dengan uraian materi pada modul ini
j)        Lakukan identifikasi terhadap semua nama alat dan ukuran beserta kegunaan dan lakukan latihan cara menggunakannya.
k)      Modul ini merupakan modul yang menjadi prasyarat bagi modul-modul lainnya terutama menyangkut kompetensi perbaikan (bongkar pasang/ overhaul).
l)        Anda tidak diperkenankan untuk melakukan pekerjaan perbaikan, overhaul ataupun pemeriksaan dan pengujian terhadap hasil kerja anda jika pengetahuan dan kompetensi penggunaan alat-alat tangan dalam modul ini belum dikuasai.

2.  Guru/Pembimbing
Bagi para peserta diklat, guru dalam proses pembelajaran berperan sebagai fasilitator dan pembimbing yang akan mengarahkan proses pelatihan jika diperlukan.
Secara rinci bahwa peran guru dalam hal ini adalah :
a)    Membantu siswa/peserta diklat dalam merencanakan proses belajar.
b)    Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
c)    Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktek baru dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa.
d)    Membantu siswa untuk menentukan clan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
e)    Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
f)     Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.
g)    Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya.
h)    Melaksanakan penilaian
i)      Menjelaskan kepada siswa tentang sikap pengetahuan dan keterampilan dari suatu kompetensi, yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya.
j)      Mencatat pencapaian kemajuan siswa sebagai portofolio peserta diklat.

D.       Tujuan akhir
Setelah mela­lui proses pelatihan dengan modul ini, para peserta diharapkan dapat mengidentifikasi setiap komponen peralatan dan perlengkapan tempat kerja, terampil memilih dan menggunakan peralatan dan perlengkapan tempat kerja yang sesuai secara proporsional, mampu memelihara, mendiagnosa, mengidentifikasi mengatasi serta memperbaiki setiap gangguan dan kerusakan yang terjadi pada peralatan tempat kerja. Modul ini terdiri dari 3 hasil belajar yaitu tercapainya penguasaan kompetensi berkaitan dengan:
a)      Dapat memahami bagaimana cara berkomunikasi dengan baik
b)      Dapat memahami beberapa prosedur dari beberapa media komunikasi yang di pergunakan
c)      Dapat memilih media komunikasi yang tepat sesuai dengan tempat kerja
d)     Dapat menangani berbagai macam pekerjaan surat dan dokumen
e)      Dapat menyimpan dan menemukan kembali dokumen atau arsip
f)       Dapat mengirim dokumen dengan menggunakan fax
g)      Dapat melayani dan menerima tamu dengan baik
h)      Dapat membuat laporan dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan selama bekerja





E. Kompetensi

BIDANG KEAHLIAN        : Teknik Mesin
PROGRAM KEAHLIAN    : Teknik Bodi Otomotif
KOMPETENSI                     : Kontribusi Komunikasi Di Tempat Kerja
KODE                                    : OPKR-10-018B
JAM PEMBELAJARAN    : 80 JP
ELEMEN UNIT KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
LINGKUP BELAJAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
SIKAP
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
10-018B/01
Memelihara, memahami dan menyampaikan informasi tempat kerja

1.     Informasi di akses dari sumber yang terpercaya untuk memastikan keterampilan komunikasi yang efektif ketika mengirim dan menerima  informasi.
2.     Bantuan dibuat untuk rekan-rekan di tempat kerja jika diperlukan, untuk menjalin pengertian yang sama
3.     Permintaan dari rekan kerja dipenuhi dengan rela dan senang hati.
4.     Tujuan dan sasaran tempat kerja diidentifikasikan dan dipenuhi

§  Keterampilan berkomunikasi secara tertulis dan lisan
§  Penggunaan dan pemeliharaan data tempat kerja
§  Live skill tentang kemandirian dan tanggung jawab
·       Melaksanakan tugas rutin dengan prosedur yang ditetapkan dimana kemajuan keterampilan seseorang di awasi secara berkala oleh pengawas.
·       Melaksanakan tugas yang lebih luas dan sulit dengan pening-katan kemandirian dan tanggung jawab individu. Hasil pekerjaan diperiksa oleh pengawas.
·       Melaksanakan kegiatan yang kompleks dan tidak rutin; menjadi mandiri dan bertanggung jawab untuk pekerjaan yang lainnya.

·   Prosedur komunikasi.
·   Penggunaan dan pemeliharaan data tempat kerja.
·   Keterampilan berkomunikasi secara tertulis dan lisan.
·     Mengumpulkan, menganalisa dan mengorganisasikan informasi.
·     Mengkomunikasikan gagasan dan informasi.
·     Merencanakan dan mengorganisir kegiatan.
·     Bekerja dengan orang lain dan di dalam kelompok.
10-018B/02
Mempertahankan prestasi
tempat kerja
1.     Data-data disimpan dan dipelihara sesuai prosedur tempat kerja perusahaan dan peraturan pemerintah













F.  Cek kemampuan

Sebelum Anda  mempelajari modul ini, ujilah terlebih dulu kemampuan daya nalar anda semaksimal yang anda miliki dengan menjawab pertanyaan-pertanyyan yang ada. Kerjakanlah atau isilah pada lembar cek kemampuan (placement test/pre test). Soal ini memerlukan jawaban berkaitan dengan sasaran kompetensi yang ingin dicapai dalam modul ini. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
no
Pertanyaan
Jawab
1
Bagaimana memahami cara berkomunikasi yang baik ?

2
Bagaimana prosedur dan penggunaan media komunikasi agar mencapai tujuan yang diinginkan ?

3
Bagaimanakah cara memilih media komunikasi yang tepat sesuai dengan tempat kerja ?

4
Bagaimana cara menangani berbagai macam pekerjaan surat dan dokumen ?

5
Bagaimana cara menyimpan dan menemukan kembali dokumen atau arsip ?

6
Bagaimana cara mengirim dokumen dengan menggunakan fax ?

7
Bagaimana cara melayani dan menerima tamu dengan baik agar pelanggan bertambah ?

8
Bagaimana cara membuat laporan dengan baik sebagai bahan untuk dipertanggungjawabkan selama bekerja ?


 Jika sudah, laporkan kepada pelatih bahwa peserta pelatihan mampu mendemonstrasikan keterampilan tersebut sesuai standar. Laporkan kepada pelatih jika diperlukan bantuan seseorang, peralatan khusus atau hal lain yang dapat membantu dalam mendemonstrasikan keterampilan tersebut.
Kemudian kerjakanlah soal yang ada baik yang berupa pembubuhan check list atau daftar isian.  Kerjakanlah/isilah pada lembar cek kemampuan (placement test/pre test) peserta diklat yang disediakan sampai 100% terisi dan benar. Soal ini memerlukan jawaban berkaitan dengan sasaran sasaran kompetensi yang lebih spesifik dari modul ini.
Untuk meyakinkan bahwa anda telah melakukan cek kemampuan di awal  proses pembelajaran, serahkan hasil pekerjaan kepada instruktur/guru praktek untuk diperiksa. Setelah anda melaksanakan test dengan hasil 100% benar anda diperbolehkan untuk mengajukan  uji kompetensi kepada assessor internal dan eksternal.


LEMBAR PRE-TEST
Tahap Belajar I : Proses komunikasi yang baik di tempat kerja

Selesaikanlah seluruh item pada format di bawah ini dengan memperhatikan hal – hal berikut ini :
q  Baca dan pahami setiap tugas yang disajikan dalam placement test ini.
q  Simaklah setiap detil materi dan gambar yang disajikan dalam placement test ini untuk mengukur dan bubuhkan check list pada kolom yang disediakan.
q  Buatlah catatan – catatan kecil pada kolom yang disediakan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam kaitannya dengan berkomunikasi di tempat kerja.
q  Apabila telah menyelesaikan seluruh placement test, serahkan kepada pembimbing/guru praktek/instruktur untuk dinilai, dalam rangka memberikan catatan tentang kemajuan belajar yang sudah dilakukan.

Tes Formatif 1
Pertanyaan:
1.        Apa yang dimaksud komunikasi? Sebutkan tujuan komunikasi!
2.        Gambarkan proses komunikasi dalam bentuk bagan!
3.        Jelaskan 5 proses komunikasi secara berurutan!
4.        Jelaskan hambatan dalam berkomunikasi dan cara mengatasinya!
5.        Gambarkan bagan proses komunikasi yang baik!
6.        Bagaimana cara memilih media komunikasi yang akan digunakan di tempat kerja ?
7.        Sebutkan jenis-jenis media komunikasi ?

Tes Lembaran Kerja 1
Langkah Kerja
1.        Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok beranggotakan 7 sampai 10 orang siswa.

2.        Setiap siswa mendengarkan percakapan telepon melalui rekaman yang sudah disiapkan.
3.        Dengan menggunakan daftar cek, setiap kelompok menilai hasil rekaman percakapan telepon dan menyampaikan hasilnya dalan forum kelas.
4.        Guru mencocokkan hasil penilaian siswa dengan pendapat guru yang sudah disiapkan. 
  

Analisis Kemampuan :
Untuk penilaian unjuk kerja, peserta diklat dapat menampilkan kemampuan sesuai dengan tugas yang diberikan dan dapat menyelesaikannya dengan baik.
Selalu berkonsultasi dengan guru atau pembimbing untuk melaksanakan suatu tugas dan revisi terhadap teori-teori yang sudah dipelajari.

Tahap Belajar 2 : “Penggunaan dan Pemeliharaan Data Tempat Kerja”
Selesaikanlah seluruh item pada format di bawah ini dengan memperhatikan hal – hal berikut ini :
q  Baca dan pahami setiap tugas yang disajikan dalam placement test ini.
q  Simaklah setiap detil materi dan gambar yang disajikan dalam placement test ini untuk mengukur dan bubuhkan check list pada kolom yang disediakan.
q  Buatlah catatan – catatan kecil pada kolom yang disediakan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam kaitannya dengan berkomunikasi di tempat kerja.
q  Apabila telah menyelesaikan seluruh placement tes, serahkan kepada pembimbing/guru praktek/instruktur untuk dinilai, dalam rangka memberikan catatan tentang kemajuan belajar yang sudah dilakukan.

Tes Formatif 2
Pertanyaan:
1.        Apakah yang dimaksud dengan surat ?
2.        Syarat-syarat apa yang harus diperhatikan dalam penulisan surat ?
3.        Apakah fungsi surat ?
4.        Jelaskanlah bagaimana terjadinya skema kegiatan perdagangan melalui surat menyurat ?
5.        Apakah arti, manfaat, dan fungsi arsip ?
6.        Bagaimana cara menyimpan dan menemukan kembali dokumen atau arsip ?

Tes Lembaran Kerja 2
Langkah Kerja
1.        Guru menyiapkan perangkat komunikasi berupa faximile.
2.        Setiap dua orang siswa mendemonstrasikan cara pengiriman surat atau dokumen melalui faximile.
3.        Siswa yang lain mengamati langkah-langkah atau prosedur pemakaian faximile.
  
Analisis Kemampuan:
Untuk penilaian unjuk kerja, peserta diklat dapat menampilkan kemampuan sesuai dengan tugas yang diberikan dan dapat menyelesaikannya dengan baik.
Selalu berkonsultasi dengan guru atau pembimbing untuk melaksanakan suatu tugas dan revisi terhadap teori-teori yang sudah dipelajari.

Tahap Belajar 3 : “Mempertahankan Prestasi Di Tempat Kerja”
Selesaikanlah seluruh item pada format di bawah ini dengan memperhatikan hal – hal berikut ini :
q  Baca dan pahami setiap tugas yang disajikan dalam placement test ini.
q  Simaklah setiap detil materi dan gambar yang disajikan dalam placement test ini untuk mengukur dan bubuhkan check list pada kolom yang disediakan.
q  Buatlah catatan – catatan kecil pada kolom yang disediakan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam kaitannya dengan berkomunikasi di tempat kerja.
Apabila telah menyelesaikan seluruh placement test, serahkan kepada pembimbing/guru praktek/instruktur untuk dinilai, dalam rangka memberikan catatan tentang kemajuan belajar yang sudah dilakukan.

Test Formatif 3
Pertanyaan:
1.        Bagaimana cara melayani tamu dengan baik?
2.        Jelaskan etika cara melayani tamu dengan baik!
3.        Dalam melayani atau menangani tamu terdapat beberapa kesalahan yang harus dihindari. Sebutkan kesalahan-kesalahan tersebut!
4.        Jelaskan pengertian laporan dan fungsi laporan?
5.        Syarat-syarat apa yang diperlukan bagi penulis laporan?

Tes Lembaran Kerja 3
Langkah Kerja
  1. Bentuk kelompok yang masing-masing beranggotakan lima orang.
  2. Lakukan pengamatan terhadap sikap/perilaku pelanggan dan sikap/perilaku pramuniaga pada sebuah bengkel.
  3. Buatlah catatan dalam bentuk daftar yang menunjukkan sikap/prilaku pengunjung bengkel dan sikap/prilaku peramuniaga.
  4. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatan.
  5. Wakil masing-masing kelompok menyusun hasil akhir pengamatan dalam bentuk ketikan.
  
Nama bengkel                 :
Hari/tgl. Pengamatan  :
Daftar sikap dan prilaku pengunjung bengkel
Daftar sikap dan prilaku peramuniaga
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.
Ketua tim        :
Sekretaris tim  :
Anggota          :




Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar